Manfaat Permainan Memanah, Cobain Versi Virtualnya



Tidak semua permainan dengan console memiliki manfaat yang baik, ada pula yang tidak relevan dengan manfaat positif khususnya bagi anak - anak. Namun, permainan yang satu ini, Virtual Archery, Memanah Virtual, tidak demikian, karena ada banyak manfaat khususnya bagi perkembangan psikologi anak dengan memainkan permainan ini. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk menghadirkan permainan memanah ( apakah memanah sungguhan atau versi virtual-nya ) ke dalam rangkaian acara, khususnya yang dihadiri oleh anak - anak. Bahkan, Rasullullah SAW memberikan seruan kepada umatnya agar orang tua mengajarkan kepada anak tiga olahraga, yaitu berenang, berkuda dan memanah. Jadi, sangat spesial sekali permainan memanah ini, sayangnya, karena keterbatasan area dan biaya, tidak semua orang bisa bermain atau berolahraga panahan, nah, kalau di acara, nggak ada salahnya, kalau permainan memanah ini kita wakilkan dengan versi virtualnya. 

Permainan Memanah, manfaatnya diantara lain, untuk melatih ketenangan dan konsentrasi, dimana anak akan dihadapkan pada saat - saat dimana ia harus tenang sambil berkonsentrasi mengarahkan busur dan anak panah agar tepat menuju targetnya. Selain itu, saat mengarahkan tadi, anak juga dituntut untuk bisa menganalisa, atau menjabarkan dalam otaknya, apa yang akan dia lakukan agar tepat pada targetnya, apakah arahnya harus digeser sedikit ke kiri atau ke kanan, atau, apakah arah angin dan jarak akan mempengaruhi arah anak panah dan seterusnya. Bagian yang paling penting dari manfaat bermain panah adalah agar timbul keberanian dan keyakinan, tentu saja, hal ini merupakan salah satu point penting dalam proses perkembangan psikologi anak, ketika dia memutuskan akan melepaskan anak panah, maka keberanian itu sesungguhnya sudah ada, dan harus terus dilatih. 

Jadi, jika ada acara, dan ada keterbatasan dengan permainan memanah sungguhan, misalnya, area yang terlalu kecil, peralatan yang belum ada, maka, jadikan saja permainan memanah virtual ini sebagai alternatif-nya. Sangat identik dengan permainan panah sungguhan, yang membedakan memang ada di peralatan dan sedikit feeling yang berbeda, tapi, kita tidak akan pernah tahu kalau kita belum mencoba bukan ? Nah, coba dulu permainan memanah virtual ini di rangkaian acara teman - teman, jadikan sebagai gimmick berhadiah atau sekedar melatih anak untuk fokus dan konsentrasi. Hubungi kami untuk diskusi lebih lanjut. 



0 komentar:

Post a Comment

top