Ide Acara Alumni Gathering



Moment kebersamaan zaman kita sekolah dulu pasti nggak bisa terlupakan begitu aja, apalagi, pas kita ketemuan lagi dengan teman - teman dalam sebuah acara temu kangen, alumni gathering atau alumni days yang digagas oleh panitia besar alumni sekolah. Dari angkatan yang paling lama sampai ke angkatan yang baru kemarin lulus dipertemukan dalam sebuah acara akbar di kampus tempat kita belajar dulu, pasti akan sangat merepotkan untuk mengemas acaranya, tujuannya sebenarnya sama, biar semua angkatan bisa enjoy di acara tersebut. Ada beberapa faktor yang bisa kita pertimbangkan sebelum menentukan kira - kira content acara seperti apa ya yang cocok untuk di acara alumni ini ?  


Faktor yang pertama adalah target pengunjung, kita harus bisa membuat profil pengunjung alumni day yang akan datang, mulai dari angkatan berapa sampai angkatan berapa? lalu, kita pertimbangkan juga usia dari setiap angkatan, maksudnya usia saat acara itu diadakan. Apakah pada usia mereka sudah menikah ? sudah punya anak ? kalau jawabannya sudah, maka pertanyaannya adalah, apakah suami / istri dan anak - anak mereka diperkenankan untuk ikut dalam acara ini? Jika iya, berarti target pengunjung kita secara profil akan jatuh dalam kelompok keluarga. 


Faktor berikutnya adalah content acara, dengan mengetahui usia berapa saja yang datang, maka, kita juga harus teliti untuk mempertimbangkan content acara apa saja yang harus masuk, apakah kalau kita masukin band-nya dari angkatan 80-an akan masuk ? bisa diterima semua kalangan ? atau hanya sebagian kecil saja ? Kalau sebagian kecil, sebaiknya, kita cari pilihan yang lain, dimana pilihan yang lain itu, adalah pilihan yang bisa diterima semua kelompok usia. Content acara yang cenderung cuma bisa dinikmati oleh segelintir orang,  tentu akan menjadi sangat mubazir untuk ditampilkan, lebih baik dipilih saja yang bisa dinikmati oleh semua kelompok usia yang datang dalam acara tersebut. Termasuk juga pendukung acaranya, sesuaikan juga dengan siapa target audiences-nya. 


Selain itu, pilih juga content acara yang sifatnya bisa dinikmati dalam suasana yang akrab dan penuh dengan kebersamaan, tidak membuat satu angkatan dengan angkatan yang lain menjadi canggung, biarkan setiap angkatan saling berbaur untuk berkomunikasi dalam content acara. Salah satu yang bisa dimasukkan dalam content acara adalah membuat permainan - permainan yang bisa memecah kebekuan, permainan yang bisa menjadikan satu sama lain menjadi dekat, menjadi kenal lebih dekat, bisa membuat mereka saling menertawai dan seterusnya. Suasana enjoy harus bisa diciptakan, melalui content acara. Menggunakan pilihan permainan yang variatif, bisa dirubah - rubah mekanisme-nya dan yang pasti, semua bisa ikut main, adalah salah satu ide untuk meramaikan Alumni Day. Diskusikan dengan kami mengenai tujuan yang diharapkan bisa dicapai dalam acara tersebut, sehingga kami bisa bantu untuk memilihkan, permainan apa yang cocok untuk di acara tersebut. 

0 komentar:

Post a Comment

top