Bikin Acara Lebih Menarik



Bisa jadi karena bukan profesinya, beberapa kali kami diajak berdiskusi dengan beberapa orang dari divisi HRD pada salah satu perusahaan perbankan. Mereka minta masukan berkaitan dengan bagaimana supaya acara family gathering tahunan kantor mereka kali ini lebih menarik dari sebelumnya. Tentu saja, karena mereka menjadikan acara tahun lalu sebagai acuan, agar tahun ini lebih baik dari sebelumnya, maka kami pun meminta diceritakan sedikit mengenai apa saja acara di tahun lalu. Karena mereka pun datang dengan sebuah pembanding, yaitu acara tahun lalu, agar menjadi lebih menarik di tahun ini. Nah, artikel ini kami sengaja buatkan supaya teman - teman yang juga lagi merencanakan acara family gathering-nya, bisa mendapatkan informasi bagaimana membuat acara lebih menarik. 

Sebuah acara akan menjadi menarik, yang perlu dilihat adalah siapa saja yang akan datang ke acara tersebut. Segmentasi dari audiences yang hadir akan sangat membantu dalam membuat sebuah konsep acara, sehingga sesuai dengan profile dari audiences yang hadir. Karena ini adalah acara family gathering, maka yang hadir adalah karyawan bersama anggota keluarganya. Perlu didetailkan lagi nih, anggota keluarganya itu, terdiri dari siapa saja ? Istri / Suami, Anak ? Anaknya umur berapa ? Pria atau wanita ? Jadi, kita bisa buatkan aktivitas acara yang sesuai. 

Kalau sudah dapat informasi detail tentang audiences-nya, akan lebih mudah untuk membuat apa saja isi dari acara tersebut. Sebelum membuat isi acaranya, ada baiknya membuat tema acaranya, apa konsep dasar dari acara tersebut. Perlu juga kalian mengetahui, apa konsep acara yang sudah pernah diadakan tahun - tahun sebelumnya, agar tidak ada kesamaan konsep acara dengan pelaksanaan acara sebelumnya. Buatlah sebuah konsep yang baru, nah, yang ini bisa kalian lihat dari banyak hal, termasuk apa yang menjadi tujuan acaranya. Kalau tujuan acaranya mempererat hubungan dengan keluarga, kalian bisa hadir dengan konsep yang mengusung tema kebersamaan. Tema kebersamaan bisa juga dikaitkan dengan team superhero misalnya, yang saling bahu membahu mengalahkan kejahatan, itu juga kan simbol kebersamaan. 

Kalau konsep acaranya sudah ketemu, pastikan bahwa kalian mengaplikasikan konsep tersebut dalam aktivitas acara yang sesuai dengan konsep tersebut. Kalau temanya tentang kebersamaan, bisa juga kalian hadir dengan permainan - permainan yang dibuat kompetisi berkelompok, melatih kebersamaan dalam satu kelompok untuk memenangkan tiap kompetisi yang diadakan. Atau, permainan - permainan yang sebenarnya dimainkan satu orang, tapi setiap orang dalam anggota kelompok itu, harus memainkan dan nanti nilainya diakumulasi. Nah, untuk yang satu ini, ada banyak pilihan permainan yang bisa dimainkan berkelompok, atau sendiri - sendiri. Tinggal bagaimana kreativitas kalian dalam membuat mekanisme-nya agar sesuai dengan unsur kebersamaan tadi. 

Bikin acara lebih menarik, bukan sekedar menghadirkan sesuatu yang secara fisik dengan tampilannya lebih baik, tapi kembalikan kepada audiences yang hadir agar mereka juga bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan berkesan. Aktivitas bermain, apalagi jika dilakukan secara bersama, khususnya dengan anggota keluarga mereka, tentu saja, akan menjadi sebuah moment yang membahagiakan dan berkesan. Hubungi kami untuk pilihan aktivitas bermain agar acara kalian lebih menarik. 



0 komentar:

Post a Comment

top