Kereta Mini, Bikin Bahagia Anak



Kereta Mini, hanya berputar mengelilingi sebuah rel yang ukurannya tidak terlalu besar, tiap kali berputar, seorang anak yang naik di kereta tersebut melambaikan tangan sambil tersenyum bahagia ke arah orang tua-nya. Hanya berputar - putar saja beberapa kali di area berukuran 8 x 3 meter, dengan pemandangan yang sama sekelilingnya, dengan lambaian tangan yang berulang ke arah orang tua-nya, itu saja sudah cukup untuk menghadirkan kegembiraan buat mereka. Masih nggak kepengen untuk menghadirkan kereta mini ini di tengah acara family gathering kalian ? 

Ada banyak sebenarnya hal - hal sederhana yang bisa kalian hadirkan buat anak - anak di tengah kemeriahan acara family gathering kantor kalian. Kereta mini, hanyalah salah satunya. Nggak ada yang istimewa dari kereta mini ini, seperti cerita diatas, hanya berputar dengan suasana yang sama tiap putarannya. Tapi kenapa hal sederhana itu membuat anak gembira ? Kenapa dari suasana yang berulang itu, dan hanya duduk sambil menyaksikan sekelilingnya membuat anak merasa bahagia ya ? 

Pengalaman merasakan hal - hal yang baru ternyata membuat anak - anak merasa bahagia, apalagi kalau ia juga melihat anak - anak lain, teman sebaya-nya juga melakukan hal yang sama. Kebersamaan dengan teman yang usianya sama, membuat ia merasa nggak sendiri, nggak canggung dan perlahan mulai menikmati aktivitas yang sama bersama dengan teman seusianya. Ini juga berlaku saat mereka naik kereta mini. Ketika belum naik, mungkin ada perasaan takut, antara ingin naik atau tidak, ragu - ragu. Tapi dia mengamati bahwa ada juga anak - anak usia seumuran yang juga naik dan tidak didampingi oleh orang tua-nya. Jadilah ia naik dan mulai merasakan pengalaman pertamanya naik kereta mini. Mungkin duduknya bersebelahan dengan anak lain, mulai ngobrol - ngobrol sambil menikmati berkeliling di kereta mini, lambaian tangan ke arah orang tua sambil pasang senyum dilakukan untuk memperlihatkan ke orang tua-nya, bahwa ia baik baik saja, dan menikmatinya. 

Karena tahap perkembangan anak, sangat dipengaruhi oleh emosi yang dia rasakan, ada baiknya, kita sebagai orang tua, banyak - banyak memberikan pengalaman yang menumbuhkan rasa bahagia dan juga rasa percaya diri. Dari hal - hal sederhana tiap kali ada kesempatan untuk melakukannya. Termasuk saat kita sebagai orang tua, terlibat dalam event kantor, seperti family gathering, ada baiknya mulai diusulkan untuk menghadirkan wahana permainan sederhana yang bisa membantu kesayangan mendapatkan pengalaman bahagianya. 


0 komentar:

Post a Comment

top