3 Cara Membuat Family Gathering Lebih Menarik



Family Gathering atau dalam bahasa Indonesia-nya Temu Keluarga, Kumpul - kumpul keluarga, dalam konteks ini, adalah keluarga besar perusahaan tentunya, adalah sebuah acara rutin, minimal setahun sekali, di sebuah perusahaan sebagai bentuk apreasi dan ajang untuk lebih mempererat hubungan karyawan dan keluarga bersama management dan direksi perusahaan. Acara model ini, kini lazim diadakan pada perusahaan baik yang besar, menengah bahkan yang kecil. Maksud dan tujuan dari acara ini sangat mulia, disamping ingin menjadikan acara sebagai silaturahmi antara perusahaan, karyawan dan keluarganya, acara ini biasanya juga diisi dengan pembagian hadiah - hadiah sebagai bentuk reward atas kinerja karyawan selama ini. Sayangnya, tidak semua management perusahaan menggarap acara ini secara serius, sehingga kadang, ya dibiarkan saja acaranya berjalan tanpa flow yang jelas. 

Sebagai usaha yang bergerak dalam bidang penyediaan permainan termasuk untuk mendukung acara Family Gathering, maka, pada artikel kali ini, kami ingin memberikan tips bagaimana membuat sebuah acara Family Gathering menjadi lebih menarik. Sebenarnya, ada banyak cara agar acara Family Gathering ini menjadi lebih menarik, namun, disini, kami hanya menampilkan 3 saja. Apa saja 3 cara membuat acara Family Gathering menjadi lebih menarik ? 

Content Acara Yang Variatif
Karena mengumpulkan hampir seluruh anggota keluarga, yang terdiri dari beragam usia, jenis kelamin dan latar pendidikan yang tidak sama, maka, ada baiknya isi dari rangkaian acara, dibuat lebih variatif. Jangan monoton! Coba dibayangkan, misalnya acara Family Gathering hanya berisi sambutan dan wejangan dari direksi perusahaan, kemudian musik tiada henti yang dipadukan dengan acara pembagian hadiah, lalu makan - makan dan selesai. Yes, kalau cuma begitu saja acaranya, sudah pasti, tidak berkesan. Kita dapat membuat content acara yang lebih variatif, misalnya di bagian awal adalah Doa dan Sambutan dari Direksi, lalu musik dikombinasikan dengan acara pembagian hadiah, setelah itu, diisi dengan content acara pentas seni dari kalangan internal, atau masukkan komedian kondang kalau ada budgetnya, selain itu, ada Puppet Show khusus untuk anak, Lomba menggambar / mewarnai untuk anak dan seterusnya. Bisa kan ? 

Jalannya Acara yang membawa emosi naik
Jangan dimaksudkan emosi naik jadi marah - marah ya :) Yang kami maksud adalah, ketika kita menyusun rangkaian acaranya, maka buatlah rangkaian acara tersebut ibarat sebuah gunung, dari acara yang standard seremonial, formal, lalu perlahan naik ke sesi hiburan, dilanjut sesi pembagian hadiah yang nilainya kecil, kemudian dilanjutkan lagi dengan penampilan pesulap misalnya, lalu ada permainan interaktif di atas panggung, pemberian penghargaan misalnya, lalu emosinya akan makin naik kepada pembagian hadiah yang nilainya lebih besar lagi, pengisi acara yang lebih terkenal dan seterusnya. Jadi, pemberian hadiah dengan nilai paling tinggi, dilakukan pada penghujung acara, begitu juga bila ada pengisi acara yang cukup terkenal. Daya tarik dari nilai hadiah yang besar dan / atau pengisi acara yang ditunggu - tunggu, akan membuat para peserta rela jika harus menunggu sampai akhir. 

Hadirkan Kompetisi Berhadiah 
Nah yang ini, akan membuat acara jadi lebih seru. Semua orang suka dengan hadiah, semua orang suka bersaing, semua orang suka berlomba, dan semua orang suka bermain. Hadirkanlah permainan - permainan ketangkasan, permainan karnaval misalnya, yang sedikit menantang, dengan iming - iming hadiah yang bisa mereka dapatkan jika berhasil memenangkan atau melewati score yang sudah ditentukan. Dengan adanya kompetisi berhadiah ini, maka acara akan menjadi lebih hidup dan lebih berkesan. Selain itu juga, dan ini penting, akan terjalin komunikasi, percakapan - percakapan ringan antara karyawan yang satu dengan yang lain, anggota keluarga yang satu dengan yang lain, sehingga mereka bisa menjadi lebih akrab. 


0 komentar:

Post a Comment

top